You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Cabi

Kec. Simpang Empat, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat Datang di Website Desa Cabi Kecamatan Simpang Empat

MELONGOK BUDIDAYA HOLTIKULTURA DESA CABI SEBAGAI BENTUK KETAHANAN PANGAN


MELONGOK BUDIDAYA HOLTIKULTURA DESA CABI SEBAGAI BENTUK KETAHANAN PANGAN

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran ketahanan pangan sebesar Rp 104,2 triliun dalam APBN 2023. Anggaran ini digunakan untuk penguatan sektor pertanian dan penguatan cadangan pangan.

Penguatan sektor pertanian dilakukan melalui pengembangan budidaya pertanian dan food estate; penguatan infrastruktur dan sarana prasarana pertanian; subsidi pupuk, subsidi bunga kredit; Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik untuk pertanian serta DAK nonfisik ketahanan pangan, pertanian, dan untuk peningkatan ketahanan pangan rumah tangga. Selain itu, dana desa ketahanan pangan dengan alokasi 20% untuk program ketahanan pangan.

Tanaman terong (Solanum melongena) merupakan jenis sayuran tahunan semusim. Selain India, Indonesia dipercaya merupakan asal tanaman terong. Tanaman ini banyak dijumpai tumbuh liar di hutan-hutan kita. Namun, saat ini terong ditanam meluas diberbagai belahan bumi.
Terdapat banyak ragam terong yang dibudidayakan di Indonesia, mulai dari terong lokal seperti terong gelatik, terong kopek, terong bogor, terong medan hingga terong impor seperti terong Jepang. Bentuk dan warna buah terong cukup beragam ada yang putih, hijau hingga ungu. Bentuknya pun ada yang bulat, lonjong besar, hingga lonjong dengan ujung lancip.

Untuk memperoleh bibit terong ungu yang bagus pilihlah benih terong yang berkualitas. Perlu mengetahui jenis benih terong yang tepat:
• Menentukan varietas yang bagus salah satu benih terong hibrida
• Benih yang memiliki hasil produksi tinggi dan tahan penyakit
• Memiliki penampakan bagus dan tidak cacat

Bagikan artikel ini:
Komentar